RAKYAT.NEWS, Makassar – Sejumlah pelanggaran jadi sasaran dalam gelaran Operasi Keselamatan 2023, oleh Ditlantas Polda Sulsel. Operasi digelar serentak mulai hari ini, Selasa, 7 Februari hingga 14 hari ke depan.

Sasaran operasi yakni penggunaan knalpot brong, kondisi kendaraan yang tak sesuai standar pabrikan, kendaraan pribadi yang menggunakan rotator atau strobo yang bukan peruntukannya, TNKB tak sesuai aturan, penggunaan helm SNI, pengendara di bawah umur hingga pengendara melawan arus.

“Operasi Keselamatan Pallawa 2023 mengedepankan tindakan persuasif dan cara-cara humanis, guna meningkatkan kemampuan masyarakat dalam berlalulintas,” kata Irwasda Polda Sulsel Kombes Al Afriandi dalam keterangan tertulis yang diterima usai apel pelaksanaan operasi di Mapolda Sulsel, Selasa pagi.

Al Afriandi menuturkan, operasi keselamatan mengedepankan fungsi tertib lalu lintas dengan mengutamakan tindakan preventif 40 persen, preventif 40 persen dan pelaksanaan penegakan hukum 20 persen. Didukung ETLE statis dan mobile.

Menurutnya, keberhasilan operasi kepolisian tersebut, merujuk pada target dan sasaran yang ditentukan. Yakni, berkurangnya jumlah kecelakaan lalu lintas serta korban fatalitas, berkurangnya angka pelanggaran lalu lintas, meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalulintas dan terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Penulis: M Aswar