RAKYAT.NEWS, Makassar – Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi di Kota Makassar sejak Senin, 13 Februari 2023 dini hari, memicu banjir di pemukiman warga.

Menurut laporan warga ketinggian air sementara di atas mata kaki. “Air sudah masuk di dalam rumah,” kata Rabiah Hasan, warga Kompleks Perumahan Bongaya Permai, Jalan Mappaodang, Kecamatan Tamalate, dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin pagi.

Ia terpaksa memindahkan sejumlah perabotnya untuk mengantisipasi banjir semakin parah. “Hampir semua rumah (di perumahan) tergenang. Kita di sini kasih pindah semua pakaian dengan lemari karena air sudah masuk kamar,” ujar Rabiah.

Di tempat lain, banjir juga menggenangi Lorong 2, Jalan Pampang Raya. Menurut laporan yang diterima banjir setinggi lutut orang dewasa. Air juga merendam banyak rumah penduduk semi permanen di kawasan setempat.Buruknya saluran drainase diduga menjadi masalah sehingga air tak bisa mengalir. Dalam beberapa rekaman video yang beredar di Instagram, sejumlah ruas jalan utama di Kota Makassar juga terendam banjir.

Di antaranya Jalan AP Pettarani, Jalan Pendidikan, Jalan Mappala, Jalan Sultan Alauddin, Jalan Talasalapang. Di sekitar Kecamatan Tamalanrea juga terendam. Di antaranya, Jalan Perintis Kemerdekaan, BTP hingga perbatasan Makassar-Kecamatan Moncongloe, Maros.