RAKYAT.NEWS, Makassar – Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto turun langsung memantau kondisi banjir yang menggenangi sebagian besar wilayah. Banjir terjadi Senin, 13 Februari 2023 seiring dengan intensitas hujan lebat sejak dini hari.

“Air sekarang sudah sudah kondisi satu meter hampir di seluruh Kota Makassar. Dan eskalasi cuaca menurut pantauan cuaca hujan dan nanti jam 4 baru agak meredah,” kata Danny dalam rekaman video yang diunggah akun Instagram Diskominfo Makassar, Senin siang.

Danny menyebut banjir tak hanya terjadi di pinggiran kota, namun sebagian besar terjadi di tengah-tengah kota. Menurutnya banjir dipicu hujan lebat. Belum lagi kondisi air pasang laut yang dikhawatirkan akan terjadi jelang malam nanti.

Danny bilang, pasang air laut sudah terjadi sejak pagi tadi. “Sebenarnya pasangnya tidak terlalu tinggi. Dua kali tinggi pasang hari ini, tadi jam 9 dan sebentar jam 6, pasangnya lebih tinggi dari sekarang,” ungkap Danny Pomanto.

Hasil pemantauan di lokasi menurut Danny, mobil terjebak mati mesin karena banjir. Kendati begitu ia memastikan bahwa Pemkot Makassar, melalui otoritas terkait siap siaga menangani masyarakat yang terkena dampak.

“Dan bagi yang membutuhkan evakuasi segera hubungi 112 kami standby dengan kekuatan penuh semua (unsur) Pemerintah Kota Makassar dan kami siap memberi bantuan Insyallah jika dibutuhkan,” imbuh Danny.

Penulis: M Aswar