RAKYAT.NEWS, Makassar – Helikopter yang membawa rombongan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono bersama sejumlah anggotanya dikabarkan mendarat darurat di kawasan hutan di Kabupaten Kerinci, Jambi, pada Minggu, 19 Februari 2023.

Kapolda bertolak ke Kerinci dalam rangka kunjungan kerja sekaligus meresmikan gedung baru SPKT Polres Kerinci. Rombongan berangkat pada pukul 10.00 WIB. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan, cuaca buruk jadi penyebab helikopter mendarat darurat.

“Informasi awal yang kami dapatkan bahwa helikopter terpaksa melakukan pendaratan darurat karena mengalami gangguan terkait dengan cuaca buruk,” kata Kapolri saat ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu, 19 Februari 2023, malam, dilansir Kompas.com, Senin, 20 Februari 2023.

Faktor lain menurut Sigit, kabut juga melanda jalur penerbangan helikopter itu sehingga jarak pandang terbatas. Kapolri Sigit memastikan delapan orang penumpang helicopter selamat meski menderita luka-luka. Bahkan ada yang mengalami patah tulang tangan.

“Alhamdulillah sampai saat ini kami mendapatkan informasi semuanya selamat walaupun ada beberapa yang luka. Mohon doanya agar evakuasi bisa kita lakukan dengan cepat,” terang Sigit. Sejak Minggu sore, personel Brimob, Basarnas, dibantu warga setempat telah diterjunkan untuk menuju ke lokasi mendarat darurat.

Kabid Humas Polda Jambi Mulia Prianto mengungkapkan bahwa selain Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, helikopter ditumpangi oleh Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi, Dirpolairud Polda Jambi, tim Koorspri, dan tim ADC Kapolda Jambi.

Menurut Mulia, tim SAR Polres Kerinci sudah menuju lokasi untuk mengevakuasi para penumpang. Ia menuturkan, polisi bakal terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk mengevakuasi penumpang. Mulia menerangkan, Kapolda Jambi dan rombongan ke Kabupaten Kerinci dalam rangka kunjungan kerja ke Polres Kerinci untuk meresmikan gedung SPKT.