RAKYAT.NEWS, Makassar – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sulawesi Selatan sebut Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kini sedang mengupayakan cara untuk memproses sampah yang menumpuk dan mengganggu masyarakat.

“Pak Danny Pomanto sudah berupaya dan sekarang ini mungkin kita tinggal liat prosesnya, sekarangkan lagi lelang untuk penyedia processing sampah itu,” ujar Kepala DLH Sulsel Andi Hasbi Nur saat dikonfirmasi Rakyat.News, Rabu, 22 Februari 2023, malam.

Hasbi sebut Danny sedang mencari pihak ketiga yang akan bekerjasama dalam mengelola sampah yang rencananya akan dijadikan sebagai listrik. “Kemarin saya baca, sudah ada peserta lelangnya dan yang ikut kalau tidak salah ada 9,” ujarnya.

Masalah sampah saat ini, lanjut Hasbi, bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja tapi masyarakat juga harus berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah ini. “Kalau diluar negeri itukan masyarakatnya tidak mau lagi buang sampahnya sembarangan,” katanya.

Di Makassar, kata Hasbi, sampah yang berasal dari rumah tangga sebesar 70 persen. Ia menyebut masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan. “Kalau tidak ada tempat kan bisa sama-sama bikin tempat di situ untuk sementara,” ucapnya.

Penulis: M Aswar