RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani bangkitkan semangat kader PDIP menjelang perayaan puncak Bulan Bung Karno (BBK) 2023, pada Sabtu, 24 Juni mendatang. “Kita buktikan kita bisa. Kita gebrak GBK besok,” kata Puan dilansir dari CNNIndonesia.com.

Pada awalnya, Puan hadir di GBK bersama Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, dan mengajak ribuan penari dan satuan tugas yang sedang melakukan gladi bersih untuk mempertahankan kekompakan saat menyampaikan Salam Pancasila.

Salam Pancasila tersebut akan disampaikan oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, dalam acara puncak BBK. Diharapkan, semua yang hadir menjawab dengan kompak.

“Tadi, Pak Sekjen sudah menyampaikan bahwa besok (Salam Pancasila) akan disampaikan, dan nanti kita akan dilatih bagaimana harus menjawab ketika ada yang menyampaikan Salam Pancasila,” ujar Puan.

Puan juga mengajak para penari, satuan tugas, dan petugas yang ikut dalam gladi bersih untuk mencoba memperagakan jawaban Salam Pancasila.

“Sekarang kita coba ya. Kita tunjukkan kita bisa kita mampu. Dan kita gebrak GBK besok,” tegas Puan.

Selanjutnya, Puan meminta para peserta gladi bersih untuk duduk di posisi masing-masing. Hal ini dikarenakan Megawati akan menyampaikan pidato sambil duduk, dan semua diharapkan menunjukkan kedisiplinan dan tetap berada di posisi masing-masing.

“Karena besok kemungkinan kalau ibu ketua umum mengatakan salam Pancasila. semua pada posisi. Ayo siap mulai, Salam Pancasila!,” ujar Puan.

Para peserta gladi bersih pun menjawab: “Salam Pancasila, Merdeka! Merdeka! Merdeka!”

Tak lupa, Puan pun menyampaikan terimakasih kepada para peserta puncak peringatan BBK. Terlebih setelah melihat semangat yang sangat membara dari seluruh penari, satgas, dan yang ada saat gladi bersih.

“Apresiasi sangat besar terimakasih dari saya, dan dari ibu ketua umum, kepada kader PDIP se-Indonesia yang akan hadir besok pagi (Sabtu, 24 Juni 2024) hingga selesai acara,” ungkap Puan.