RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Focus Group Discusion (FGD) Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas (DEMA-U) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengusung tema “Ketimpangan Sosial: Bagaimana Peran Mahasiswa?” di Aula Gedung PPG FTK UINAM, Selasa, 27 Juni 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa Lembaga Kemahasiswaan (LK) baik internal maupun eksternal kampus, juga beberapa mahasiswa dari kampus lain.

Imam Muin yang merupakan peserta FGD menuturkan, jauh sebelum kita membahas ketimpangan baik dalam lingkup kampus maupun luar kampus penting kiranya kita memiliki keberpihakan.

“Pertama sandaran ideologi, karena berbicara praktik itu adalah hal yang kedua, kemudian memilih bahwa fenomena tersebut adalah sebuah ketimpangan, jadi kita perlu memiliki kesadaran kritis,” tuturnya.

Selain itu, kata Imam, melihat ketimpangan sosial dan mempertanyakan dimana peran mahasiswa, posisi mahasiswa seharusnya berpihak kepada masyarakat tertindas.

“Kemudian mendudukkan penyebab terjadinya ketimpangan sosial tersebut, baik kemiskinan, penggusuran, reklamasi, biaya pendidikannya tinggi, dan lain-lain, karena semua tidak terjadi begitu saja,” jelasnya.

Sejalan dengan itu, Ketua DEMA-U, Jumardi menjelaskan tujuan kita menyatukan perspektif bagaimana ketimpangan sosial itu bisa terjadi. “Kemudian melakukan pengorganisiran dan perlawanan terhadap suatu kelompok yang menindas,” jelasnya.