RAKYAT.NEWS, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama dengan Indonesia Railway Preservation Society (IRPS) dan Tridi Zaiku Indonesia (3D Zaiku) mencatatkan 3 rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) sekaligus.

Rekor pertama yaitu Rekor Miniatur Lokomotif Terbesar dengan Teknologi Cetak Tridimensi yang dianugerahkan kepada KAI dan IRPS. Rekor kedua yakni Rekor Pengoperasian Printer Tridimensi secara Nonstop Terbanyak dianugerakan kepada KAI dan 3D Zaiku. Sedangkan rekor ketiga yaitu Rekor Buku Tentang Stasiun Kereta Api Aktif Terbanyak dianugerahkan kepada IRPS.

Penganugerahan rekor MURI tersebut dilakukan di Museum Lawang Sewu, Kota Semarang pada Minggu (2/7) dengan dihadiri perwakilan KAI, IRPS, 3D Zaiku dan tamu undangan dari kalangan komunitas pecinta kereta api se-Indonesia.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi KAI bersinergi bersama IRPS dan 3D Zaiku dalam mencatatkan rekor produksi miniatur lokomotif uap bersejarah yang pernah beroperasi di Indonesia dalam bentuk 3D print terbesar se-Indonesia,” kata EVP of Corporate Secretary Raden Agus Dwinanto Budiadji.

Lokomotif uap yang dijadikan miniatur yaitu lokomotif uap DD52. KAI bersama IRPS dan 3D Zaiku memulai kick-off pembuatan miniatur lokomotif tersebut sejak 7 Juni 2023 di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng. Ukuran miniatur lokomotif ini yaitu sepanjang kurang lebih 6 meter dengan lebar 80 cm. Miniatur lokomotif DD52 nantinya akan dipamerkan di sejumlah stasiun di Pulau Jawa.