RAKYAT.NEWS, BANDUNG – Peran Hubungan Masyarakat (Humas) dalam pemerintahan sangat penting di era keterbukaan informasi seperti saat ini. Melalui humas, sosialisasi serta publikasi terkait berbagai program kegiatan dapat tersampaikan dengan baik ke masyarakat luas.

Melihat fenomena tersebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat menggelar Rapat Koordinasi Peningkatan Kapasitas Kehumasan dan Publikasi di Green Forest Resort, Kabupaten Bandung Barat, 1-2 Agustus 2023. Rakor tersebut melibatkan perangkat kehumasan dari Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se-Jawa Barat.

Diadakannya kegiatan itu ditujukan untuk menyelaraskan program publikasi khususnya di bidang pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif antara Pemprov Jabar dengan kabupaten/kota.

Selain itu, sebagai upaya mengembangkan kemampuan petugas kehumasan dinas pariwisata dalam mengemas suatu informasi menjadi konten yang menarik.

“Humas itu menjadi kunci terhadap promosi sebuah program. Karena dari sebuah info yang akurat dan valid, bisa memberikan nilai kebermanfaatan bagi masyarakat,” kata Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar.

“Semoga dari kegiatan ini bisa memberikan edukasi kepada teman-teman kabupaten/kota dalam membuat berita atau sebuah konten menarik yang dimuat melalui media-media, baik itu media sosial maupun media massa lain,” tuturnya.

Terkait pemanfaatan media sosial, Kadisparbud berpesan untuk selalu berpikir kreatif dalam menyajikan sebuah konten. Sebab saat ini publikasi melalui media sosial dinilai sangat efektif.

“Saat ini peran media sosial tentunya sangat efektif. Banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh humas kabupaten/kota dalam memuat suatu informasi sehingga menjadikan masyarakat lebih tertarik dan tentu akan memberikan pengaruh positif terhadap daerah masing-masing,” ucapnya.

Rakor ini juga melibatkan tiga narasumber yaitu Ketua Komisi Informasi Jawa Barat Ijang Faisal, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (UNISBA) Septiawan Santana, serta Pemimpin Redaksi Pikiran Rakyat Satrya Graha.