RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Abdullah Azwar Anas mendapatkan penghargaan Adhikarya Utama Pembangunan Pertanian yang diinisiasi oleh Kementerian Pertanian, Senin, 14 Agustus 2023.

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin yang didampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Istana Wakil Presiden.

Penghargaan ini diberikan atas kontribusi Kementerian PANRB dalam penguatan sumber penyuluh pertanian dan juga transformasi serta penguatan kelembagaan pertanian. Kolaborasi pemerintah ini mampu mencukupi suplai beras pada tahun 2022-2023 hingga peningkatan kapasitas petugas pertanian.

“Kementerian PANRB telah melakukan peningkatan kapasitas petugas pertanian serta dorongan reformasi birokrasi, yang juga didukung oleh pemerintah provinsi dan kabupaten sebagai ujung tombak pelaksanaan pembanguan pertanian di wilayah,” ujar, Ma’ruf.

Selain Menteri PANRB, penghargaan juga diberikan kepada Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Nanik Murwati serta Deputi Bidang SDM Aparatur Alex Denni.

Sektor pertanian pada tataran makro, lanjut Wakil Presiden, telah tumbuh positif secara konsisten. Produksi beras pada 2022 mencapai 31,5 juta ton dan ekspor pertanian pada 2022 berkisar Rp 658 triliun. Hal ini juga diikuti dengan peningkatan kesejahteraan petani, dimana Indeks Nilai Tukar Petani (NTP) tercatat meningkat yang merupakan cerminan kesejahteraan petani yang terus membaik.

Kemudian, Ma’ruf Amin juga memberikan tiga arahan untuk sektor pertanian. Pertama, tingkatkan pertumbuhan sektor pertanian seperti sebelum pandemi.Kedua, perlu upaya terintegrasi dari pusat hingaga daerah untuk peningkatan produktivitas pertanian, khususnya tanaman pangan.Terakhir, terus lakukan pendampingan UKMKM sektor pertanian agar dapat naik kelas untuk ekspor produk, akses pasar langsung, serta peningkatan kualitas produk dan konsitensi produksi.

“Saya mengucapkan terima kasih atas segenap sinergi, kolaborasi, kontribusi nyata pada pencapaian hasil produksi pertanian kita. Mari kita wujudkan pertanian yang maju, petani yang sejahtera, menuju Indonesia makmur dan jaya,” ungkap Ma’ruf.