RAKYAT NEWS, KORSEL – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul menyelenggarakan Resepsi Diplomatik di Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 bertajuk “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, pada Kamis (31/8/2023).

Sebagai infomasi, resepsi diselenggarakan sekaligus untuk merayakan peringatan Hubungan Persahabatan Republik Indonesia-Republik Korea ke-50 bertema “Persahabatan Lebih Erat dan Kemitraan Lebih Kuat”. Resepsi yang dilaksanakan di Hotel Lotte Seoul tersebut dihadiri oleh sekitar 700 tamu undangan yang terdiri dari pejabat pemerintah, parlemen, korps diplomatik, kalangan pengusaha, akademisi, serta Friends of Indonesia.

 

Dalam sambutannya, Duta Besar RI Seoul, Gandi Sulistiyanto, menyampaikan kemajuan Indonesia serta capaian kerja sama bilateral Indonesia-Korea khususnya dalam status Kemitraan Strategis Khusus yang sangat dinamis di berbagai sektor.

 

“Penguatan kerja sama di antara kedua negara yang berorientasi masa depan diharapkan terus berkembang, termasuk melalui kontribusi investor Korea dalam pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN),” imbuhnya.

 

Di akhir sambutannya, Sulistiyanto sekaligus minta pamit sehubungan dengan masa tugas di Seoul telah berakhir. Disampaikan, olehnya apresiasi atas dukungan semua pihak selama menjalankan tugas di Korea Selatan yang telah menjadi rumah kedua bagi Sulistiyanto dan keluarga.

 

Sambutan selanjutnya, Mr. Kim Gi Hyeon sebagai tamu Kehormatan mewakili Pemerintah ROK, yang kini menjabat anggota National Assembly dan Ketua People Power Party (ruling party) sekaligus Ketua Komite Persahabatan Parlemen Korea-Indonesia menegaskan terkait dukungan terhadap hubungan erat Indonesia dan Korea di berbagai bidang.

 

Mr. Kim Gi Hyeon berharap, hubungan akan semakin maju dalam 50 tahun mendatang. Kemitraan kedua negara yang kuat akan memberikan efek positif bagi negara-negara di sekitar, utamanya dalam menjaga perdamaian dan menciptakan kemakmuran di kawasan.