RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Ketua Umum Relawan Solidaritas Merah Putih (Solmet), Silfester Matutina akan mengajukan sengketa lahan warga Bojong-Bojong Malaka, Depok, yang telah di bangun Proyek Strategis Nasional (PSN) Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, akan segera berkoordinasi dengan kuasa ahli waris serta tim bidang hukum Solmet untuk memperjuangkan menangani perkara dimaksud.

“Sehinga berhasil, dan pasti kita akan melapor ke Bapak Presiden Republik Indonesia,” kata Silfester Matutina di Lapangan TVRI studio lama, Depok pada Minggu, 3 September 2023.

Untuk itu, ia meminta dukungan dari seluruh elemen masyarakat depok atas perjuangan Solmet membawa perkara itu hingga berhasil nanti. “Semoga tuhan merestui, hingga keinginan kita bisa tercapai,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua LSM Koslisi Rakyat Anti Mafia Tanah (KRAMAT), Yoyo Effendi, mengakui bahwa pihaknya selaku penerima kuasa ahli waris belum lama ini telah menyampaikan permohonan dukungan moril kepada Tim Relawan Solmet atas perjuangan mereka membongkar dugaan kejahatan mafia tanah dalam proses pengadaan tanah untuk Proyek Strategis Nasional Pembangunan Kampus UIII.

“Ya betul, secara resmi, melalui surat, kami minta dukungan moril dari Tim Relawan Solmet terkait usaha dan perjuangan kami menghadapi para mafia tanah yang diduga terlibat dalam proses penyediaan dan penggunaan tanah masyarakat untuk PSN UIII,” katanya.

Yoyo menganggap setelah diadakan deklarasi bergabungnya para ahli waris menjadi bagian dari keluarga besar Relawan Solmet.

Mantan Komisioner KPU Kota Depok itu menilai relawan Solmet sangat tepat sebagai tempat menyampaikan aspirasi bagi warga Bojong -Bojong Malaka selaku ahli waris.Meski, masih banyak organ relawan Jokowi lainnya.

“Setahu kami, organ relawan pak Jokowi yang peka dan selalu membantu permasalahan yang dihadapi masyarakat, terutama apabila ada hak masyarakat yang dirampas oknum pejabat yang tidak bertanggung jawab, organ relawan itu adalah Relawan Solmet yang dipimpin pak Silfester,” ungkap Yoyo.