RAKYAT.NEWS, NTB – Indonesia akan menggelar MotoGP 2023 pada (13-15/10) di Pertamina Mandalika International Circuit atau Sirkuit Mandalika. Berbagai persiapan pun dilakukan dengan lebih baik, mulai dari kawasan sirkuit, pembangunan dan penyempurnaan infrastruktur, hingga fasilitas pendukung lainnya untuk menyukseskan event berskala internasional tersebut, termasuk pengamanannya dari ancaman siber.

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia sebagai lembaga yang mengoordinasikan semua kegiatan yang berkaitan dengan ancaman keamanan siber ikut terlibat dalam pengamanan gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesian GP) 2023 yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

“Dalam event berskala internasional ini kami menurunkan sejumlah personil yang berasal dari beberapa direktorat di BSSN yang tergabung dalam satuan tugas (satgas) pengamanan siber dan sandi. Kami berkoordinasi dengan TNI, Polri, kementerian dan lembaga, serta stakeholder terkait,” ujar Deputi Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi BSSN, Mayor Jenderal (TNI) Dominggus Pakel, Jumat (13/10).

Ia menerangkan BSSN akan melakukan pengamanan siber dan sandi secara menyeluruh di tempat penyelenggaraan MotoGP 2023. Mulai dari identifikasi, proteksi, deteksi, serta penanggulangan dan pemulihan. Sebab, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana menonton ajang balap internasional itu di Sirkuit Mandalika.

“Dengan melibatkan unsur daerah seperti Diskominfo Lombok Tengah dalam bentuk pengamanan gabungan, kami melakukan pemantauan aktivitas trafik jaringan dan monitoring isu di sosial media sebelum dan selama perhelatan MotoGP berlangsung,” jelasnya.

Selain itu, sambungnya, BSSN juga akan mengadopsi skema penerapan penanganan insiden yang terstruktur dan sistematis dengan menggabungkan tiga unsur, yaitu keamanan siber, pengendalian informasi, dan keamanan sandi.

Pada ketiga unsur tersebut didalamnya terdapat pengaturan tata kelola diseminasi informasi indikasi insiden, skenario penanganan insiden, dan template dokumen yang dapat digunakan tim satgas maupun stakeholder utama.