RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Jenderal Agus Subiyanto akan dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi Panglima TNI pada pagi ini, Rabu (22/11).

Berdasarkan informasi yang dikutip dari CNNIndonesia.com, pelantikan akan berlangsung di Istana Negara pukul 10.00 WIB. Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengonfirmasi perihal pelantikan tersebut.

Ari mengatakan Jokowi akan langsung bersiap kunjungan kerja ke Papua usai pelantikan. Dengan demikian, pelantikan panglima TNI esok hari tak dibarengi pelantikan pejabat lain.

“Info yang saya terima tidak ada agenda pelantikan pejabat lain,” kata Ari dikutip dari CNNIndonesia.com.

Dalam Rapat Paripurna DPR ke-9 masa sidang II 2023-2024, DPR menyetujui usulan Jokowi mengangkat Jenderal Agus Subiyanto sebagai panglima TNI.

Agus akan menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun pada 26 November 2023.

Agus merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1991. Ia sudah mengenal lama Jokowi sejak memimpin Kota Solo, Jawa Tengah.

Agus menjabat Komandan Kodim 0735/Surakarta saat Jokowi masih menjabat Wali Kota Solo tahun 2009. Agus juga pernah menjabat Danrem 061/Suryakencana (Bogor) yang bertanggung jawab atas keamanan Istana Bogor.

Jenderal bintang empat itu juga memimpin Paspampres pada 2020-2021. Agus pernah menjabat Pangdam III/Siliwangi pada Agustus 2021. Lalu ia ditunjuk menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat pada awal 2022.

Jokowi melantik Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf Angkatan Darat pada 27 Oktober. Sepekan setelahnya, Jokowi mengusulkan Agus sebagai panglima TNI.