RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Sekjen Kemhan RI Marsekal TNI Donny Ermawan Taufanto, bersama Duta Besar RI untuk Abuja dan Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri, mendampingi Wamenlu RI Pahala Mansury menghadiri UN Peacekeeping Ministerial Meeting (UNPKM) dan peringatan ke-75 Tahun UNPKO di Accra, Ghana.

Dalam pertemuan yang berlangsung 5-6 Desember 2023, Indonesia memperkuat komitmennya dalam mendukung Operasi Penjaga Perdamaian dengan berbagai inisiatif yang signifikan. Sekjen Kemhan turut didampingi oleh pejabat Kemhan, termasuk Sesditjen Ses Ditjen Strahan Kemhan, Wadan PMPP TNI dan Staf Ditkersinhan Ditjen Strahan Kemhan.

Di hari pertama, dilaksanakan dua side event yaitu meningkatkan pengelolaan lingkungan dalam penjagaan perdamaian dan peran perempuan dalam penjagaan perdamaian.

Wamenlu RI yang didampingi Sekjen Kemhan RI mengadakan pertemuan bilateral dengan pejabat tinggi UN bidang Operasi Perdamaian, Mr. Jean-Pierre Lacroix, serta dengan Wakil Menteri Pertahanan India, dan Menteri Luar Negeri Ghana. Fokus pembicaraan meliputi kerja sama dalam operasi penjaga perdamaian dan mengangkat PMPP TNI sebagai pusat pendidikan pasukan perdamaian internasional di kawasan.

Pada hari kedua UNPKM 2023, ditandai dengan partisipasi Sekjen Kemhan dalam sesi pembukaan oleh Wakil Presiden Ghana.

Donny Ermawan Taufanto menyampaikan komitmen nasional yang mencakup penugasan 865 personel penjaga perdamaian yang melibatkan TNI dan pasukan polisi, program pembangunan kapasitas, forum internasional tentang perempuan, perdamaian, dan keamanan, serta transformasi PMPP TNI menjadi pusat pendidikan dan pelatihan perdamaian global.

“Ini merupakan komitmen Indonesia dalam mendukung operasi perdamaian global dan menegaskan peran penting Indonesia dalam forum internasional seperti UNPKM.” Kata Donny

Di pertemuan terakhir, Sekjen Kemhan RI juga mendampingi Wamenlu RI memimpin sejumlah pertemuan bilateral dengan Menteri Pertahanan Ghana, dan Atul Kare dari UN Under-Sercretary General on Departement of Support. Setelah itu Sekjen Kemhan bersama Dubes RI Abuja dan Dir KIPS Kemlu melaksanakan pertemuan dengan Assistant of Minister of Defence of Egypt, membahas pengiriman kapal rumah sakit ke Gaza melalui perairan Mesir.