RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sulawesi Selatan (Sulsel), menggelar sosialisasi pemilih pemula di Sekolah. Tujuannya untuk memotivasi para siswa yang memenuhi syarat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

Kadis Disdukcapil Sulsel, Iqbal Suhaeb mengatakan, peran pihak Sekolah menjadi penentu para pemilih pemula sehingga dapat memilih pada pencoblosan 14 Februari 2024.

“Kami terus mendorong agar pihak sekolah berperan aktif mendorong siswanya yang berusia 17 tahun melakukan perekaman elektronik,” kata Iqbal dalam keterangan tertulis, Kamis (1/2/2024).

Iqbal melakukan langsung kunjungan diberbagai Sekolah yang siswanya belum melakukan perekaman KTP elektronik, salah satu diantaranya SMA Negeri 13 Makassar.

“Langkah-langkah yang kami lakukan yakni menargetkan sekitar 200 ribu siswa yang belum melakukan perekaman KTP elektronik agar kiranya dapat segera dijangkau sebelum tahapan pencoblosan,” ujarnya.

Salah satu Siswa SMA Negeri 13 Makassar, Risnayanti mengungkapkan, kehadiran petugas Disdukcapil ke sekolah memudahkan siswa untuk membuat dan mendapat layanan E-KTP.

“Jadi Kita tidak perlu ke kantor Disdukcapil sehingga tidak perlu minta izin dari sekolah untuk mengurus satu harian E-KTP,” ungkapnya.

Adapun Siswa dari SMA Negeri 5 Makassar, Nur Wahidah mengatakan, pihak Sekolah memberi izin bagi siswa yang berusia 17 tahun mengurus E-KTP sehingga tidak perlu menunggu pihak Disdukcapil datang ke sekolah.

“Hal itu dilakukan karena mengetahui keterbatasan mobil layanan Disdukcapil untuk mendatangi semua sekolah,” ujarnya,” ujarnya.