RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian sebagai Plt Menko Polhukam sampai adanya kandidat yang definitif.

“Penunjukan Bapak Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menko Polhukam Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 sampai adanya Menko Polhukam definitif,” jelasnya.

Jokowi membuka peluang posisi Menko Polhukam akan diisi oleh pejabat definitif. Jokowi mengatakan pejabat definitif itu akan diisi dari nonpartai politik (parpol).

Namun Jokowi tidak menyebut pasti kapan pejabat definitif Menko Polhukam akan diumumkan. Yang terpenting saat ini organisasi pemerintah berjalan dengan baik.

“Ya nanti dilihat lah yang penting organisasi berjalan dengan baik,” kata Jokowi di sela kunjungan kerjanya di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/2/2024), dikutip detikcom.

“Secepatnya,” kata Jokowi saat ditanya kapan pejabat definitif Menko Polhukam diumumkan.

Jokowi lantas memberikan kode terkait sosok definitif tersebut. Jokowi menyebut sosok tersebut dari nonparpol.

“Oh, dari non,” jawab Jokowi saat ditanya apakah sosok definitif akan diisi dari parpol atau nonparpol.

Jokowi sebelumnya telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) pemberhentian Mahfud Md sebagai Menko Polhukam. Jokowi menandatangani keputusan tersebut kemarin.

“Pada hari ini, Jumat, 2 Februari 2024, Presiden telah menandatangani Keppres No 20/P Tahun 2024, yang berisi pemberhentian dengan hormat Bp. Mahfud Md sebagai Menko Polhukam,” ujar Koordinator Staf Presiden, Ari Dwipayana kepada wartawan, Jumat (2/2/2024).