RAKYAT.NEWS, SOLO – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menanggapi soal ramainya pemilih “silent majority” yang diduga mendominasi suara kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

“Biar para pengamat yang ber-statement,” ungkap Gibran kepada awak media seusai menghadiri upacara hari jadi ke-279 Kota Solo di Taman Balekambang, Solo, Sabtu (17/2/2024).

Menurut Gibran, silent majority didominasi oleh pemilih pemula. Pihaknya lantas mengapresiasi para silent majority di Pemilu 2024.

“Tapi yang jelas, kami senang sekali partisipasi dari pemilih pemula atau silent majority,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Indo Barometer Mohammad Qodari menyebut kemenangan Prabowo-Gibran diperkuat dari suara silent majority. Hal itu lantas mendapat tanggapan dari banyak pihak. Termasuk Ketua TKD Prabowo-Gibran Jawa Barat, Ridwan Kamil yang sempat membahas siapa yang disebut sebagai silent majority.

Mantan Gubernur Jawa Barat itu membahas tentang kekuatan silent majority di akun instagramnya @ridwankamil pada Rabu (14/2/2024) lalu.

Menurut Ridwan Kamil, silent majority adalah mereka yang menyimak, tetapi jarang berkomentar dan jarang ribut-ribut di media sosial. Menurutnya, keramaian di medsos oleh noisy minority tidak menggambarkan realitas di lapangan.