RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Pakar Politik, Jerry Massie mengatakan bahwa Airlangga Hartarto memiliki potensi untuk menuju kursi kepemimpinan Partai Golkar. Namun, ia membeberkan bahwa kandidat lainnya juga memiliki potensi yang sama.

“Kalau saya lihat Airlangga, iya punya potensi besar, semua punya potensilah saya gak bilang bahlil gak ada peluang (Ketum Golkar.red),” kata Jerry dalam siaran RRI Pro3, pada Rabu (13/3/2024).

Jerry menyinggung Airlangga Hartanto dan Bahlil Lahadalia mempunyai kedekatan dengan Jokowi, hingga terdengar isu seperti mendapat endorse meski sudah ada sanggahan terkait itu.

Jerry menilai Partai Golkar ini memang sangat berbeda dengan lain, Partai lama yang juga pernah berkuasa. Ia mengggap Golkar sudah melahirkan anak politik seperti, Hanura, Gerindra, dan NasDem. Yang menarik adalah Gerinda dan Golkar bergabung pada Pilpres 2024.

Jerry mengulas, Golkar terdahulu dipimpin dari Harmoko, Akbar Tanjung, Jusuf Kalla, Abu Rizal Bakri (ARB), Setya Novanto, hingga saat ini Airlangga Hartanto.

“Menariknya 2 periode dipimpin Airlangga, saat ini hitungan sementara KPU 15% beda atau selisih hanya 1% dari PDIP. Mereka unggul di 15 Provinsi, memang kerja keras kader Golkar sih. Bahkan berhasil merebut 3 kursi di Sumatra Selatan, 2 kursi di Aceh, ” ungkap Jerry.

Ia memperkirakan, untuk lima tahun ke depan Golkar dapat leading dan tidak menutup kemungkinan bersaing dengan Gerindra. Pada intinya, Jerry melihat sementara ke 4 Calon Ketum Golkar ini mempunyai nama besar di publik, namun kembali lagi persiapan mereka sendiri.

Jerry mengungkapkan ada 3 nama dibalik semua yang mendongkrak kemenangan Golkar saat ini, yaitu Akbar Tanjung dan ARB selaku mantan ketua umum, juga Agung Laksono yang juga memiliki pengaruh di kubu Ancol. Perlu diingat bahwa di tubuh Golkar ada kubu Ancol, Airlangga Hartanto dan Agus Gumiwang, sedangkan kubu Golkar Bali ada Abu Rizal Bakri.