RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto menyatakan belum ada perubahan rencana penetapan pemungutan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada tanggal 20 Maret nanti.

“Saat ini masih penahapan, sekarang kita nunggu saja,” kata Hadi dalam jumpa pers, pada Jumat (15/3/2024).

Pada kesempatan itu juga, Hadi membahas pemantauan perkembangan situasi pasca pemungutan suara serta antisipasi penetapan hasil Pemilu 2024. Kemudian, berdasarkan informasi dan pembahasan koordinasi secara umum, situasi dan kondisi regional masih relatif kondusif dan aman terkendali.

Menurutnya, semua pihak masih memantau rekapitulasi tahapan Pemilu 2024, yang saat ini masih berjalan, hingga penetapan hasil pemilu nanti.

“Kita bersama-sama hendaknya mengamangamankan proses yang sedang berjalan ini, untuk menjaga stabilitas hukum dan keamanan agar terwujud harmoni dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang semakin kokoh dan kuat,” ujar Hadi.

Pada intinya, Hadi memastikan Pemerintah akan terus mengawal setiap tahapan pemilu berjalan dengan aman, damai serta berkualitas.

Menurutnya, penyelenggaraan pemilu merupakan hal penting di Indonesia. Dengan itu, akan terus berkoordinasi dengan lembaga terkait demi mendapatkan informasi terkini mengenai perkembangan situasi nasional.

“Akan terus meluruskan langkah-langkah guna mengantisipasi potensi permasalahan yang mungkin ada,” ucapnya.

Hadi juga berpesan kepada seluruh masyarakat dalam jaga korosifitas situasi saat ini. “Semoga aman, terkendali, damai adem ayem terus terjaga,” tutupnya.