RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dikabarkan baru akan bertemu dengan Presiden terpilih Pilpres 2024, Prabowo Subianto setelah partai berlambang banteng itu mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas).

Ketua DPP PDIP Bidang Hubungan Luar Negeri, Ahmad Basarah menyebutkan,pertemuan keduanya berkaitan erat dengan posisi partainya. Sedangkan, dia menyebut posisi PDIP pada pemerintahan ke depan baru akan ditentukan melalui hasil Rakernas pada Mei mendatang.

“Dalam konteks itu, Bu Mega akan mengaitkan tentang bagaimana positioning PDI Perjuangan sebagai sebuah partai politik,” kata Basarah di kantor DPP PDIP, Senin malam (22/4/2024), mengutip CNNIndonesia.com.

Rencananya, Rakernas V PDIP itu akan digelar selama tiga hari pada 24, 25, dan 26 Mei 2024.

Meskipun demikian, Basarah menegaskan, Megawati tak memiliki masalah personal dengan Prabowo. Oleh karena itu, menurut dia, pertemuan pribadi antara Mega dan Prabowo bisa saja terlaksana ke depan.

Namun, jika yang dimaksud adalah pertemuan politik, Basarah menyebut Ketua Umumnya terikat dengan aturan partai. Salah satunya menyangkut posisi partai pada pemerintahan ke depan.

“Beliau telah memutuskan 24-26 Mei yang akan datang dilaksanakan sebuah rapat kerja nasional yang salah satunya akan diambil keputusan strategis tentang bagaimana positioning politik PDI Perjuangan terhadap pemerintahan Prabowo kelak atau yang akan datang,” katanya.

Di tempat terpisah, Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan, pihaknya sedang merencanakan waktu pertemuan antara Prabowo Subianto dengan Megawati.

Ia berharap pertemuan kedua tokoh itu bisa terjadi dalam waktu dekat. Akan tetapi, dia belum dapat memastikan waktu pertemuan tersebut.

“Terhadap pertanyaan kapan bertemu dengan Ibu Mega, sekarang sedang mulai dicocokkan waktu-waktunya dan mudah-mudahan agenda ini tidak terlalu lama lagi akan disampaikan ke hadapan publik,” kata Muzani dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Senin lalu.