“Ada kemudahan-kemudahan yang muncul dari percepatan digitalisasi ini. Tentu ini akan melahirkan generasi-generasi yang lebih baik dari kita saat ini,” jelasnya.

Sekedar diketahui, seminar makin cakap digital ini dihadiri oleh ribuan pelajar yang ada di Sulawesi Selatan. Ada yang hadir secara offline dan juga dalam jaringan (Daring). Selain Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin yang menjadi narasumber, hadir pula narasumber lainnya di antaranya adalah Bupati Maros, Andi Syafrii Chaidir Syam, Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa dan mantan Wakil Wali Kota Makassar, Syamru Rizal.

Menteri Kominfo, Jhonny G Plate sebagai Keynote Speaker mengatakan, generasi ini akan berada dalam dunia yang tanpa sekat. Oleh karena itu, para generasi saat ini akan menghadapi kompetisi global.

“Oleh karena itu, kita sudah perlu untuk merancang Indonesia yang makin cakap digital, dan generasi yang terus beradaptasi dalam berbagai aktivitas,” kata dia.

Dia juga menambahkan, Kementerian Kominfo akan melakukan pelatihan untuk 5 juta masyarakat digital. Pelatihan ini akan mulai menyentuh semua kalangan, mulai dari pelajar Sekolah Dasar kelas 5, hingga kalaangan guru dan tenaga pendidik.

“Kita akan memperkenalkan pada lima aspek, yaitu; digital skill, digital culture, digital etic, dan digital safety. Ini adalah agenda transfirmasi digital Indonesia masa depan,” jelas dia.(*)