Makassar, matasulsel – Badan Eksekutif Persatuan Mahasiswa Tambang Fakultas Teknik Unhas (BE Permata FT-UH) mengadakan lapak baca gratis (28/9/2017- 12/10/2017). Bertempat di pelataran Lantai dasar gedung  Teknik Geologi, Unhas Gowa.

Kegiatan ini dinamai dengan PELITA (Program Literasi Tambang), dimana merupakan kegiatan himpunan pertambangan yang pertama kali dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia literasi terutama minat baca anak teknik saat ini.

Lapak baca ini menggandeng salah satu komunitas yang ada di Makassar, yaitu komunitas Pondok Baca. Beberapa koleksi buku dari Pondok Baca turut dilapak. Selain buku dari Pondok Baca, buku-buku akademik tentang pertambangan juga banyak dilapak. Hal ini untuk menunjukkan bahwa buku-buku yang dilapak selain mengarah ke buku-buku umum dengan variasi genre, juga menyediakan bacaan-bacaan yang berbau akademik yang memang sesuai dengan konsentrasi dan minat di bidang Teknik Pertambangan. Kegiatan ini berlangsung selama 3 minggu, dimana setiap minggu terdapat 2 hari untuk lapak baca yaitu setiap hari Selasa dan Kamis. 

Kegiatan ini sudah berlangsung selama 2 minggu. Pada saat minggu kedua, juga sempat menggandeng salah satu komunitas di Makassar, yaitu komunitas Pra-kata. Koleksi buku pada saat lapak, bertambah ramai dan pengunjung yang hadir juga semakin bertambah. Salah satu panitia di lokasi mengatakan bahwa kegiatan ini sebenarnya bertujuan untuk menilai sejauh mana minat baca anak teknik pada umumnya dan anak Teknik Pertambangan pada khususnya, ungkap Faiz di sela-sela lapak berlangsung.

Setiap pengunjung yang datang, akan memilih buku yang akan dibaca. Setelah selesai, disediakan tempat berupa mading baca untuk menuliskan dan menempelkan quotes atau kalimat yang didapatkan setelah membaca buku tersebut. Saat kegiatan lapak berlangsung, juga komunitas Pondok Baca membuka pendaftaran bagi siapa pun yang ingin bergabung dan menjadi bagian dari komunitas yang bergelut di dunia literasi ini.