MAKASSAR – Warga Binaan pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Sungguminasa semakin kreatif hasilkan karya kerajinan sofa yang kekinian. Hal ini mendapat apresiasi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Liberti Sitinjak, Sabtu (15/10).

Baca Juga: pGelar Rakor PKS, Karudenim Makassar: untuk Deteksi Dini Gangguan Kamtibmas

Dalam keterangannya ia menyampaikan, keterampilan WBP harus dijaga untuk pengembangan dunia usaha mereka nantinya.

“Kreatifitas WBP yang ada di Lapas dan Rutan harus terus ditingkatkan agar mereka memperoleh keterampilan sehingga ketika mereka bebas, mereka dapat mengembangkannya ke dunia usaha dan menjadi modal mereka untuk memperoleh penghasilan,” ungkap Liberti.

Kakanwil Liberti juga menyampaikan bahwa hal ini dapat menunjang perekonomian negara karena dapat menambah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Kalapas Narkotika Sungguminasa, Andi Muhammad Syarief dalam keterangannya mengatakan bahwa Kreatifitas WBP ini akan terus dipacu karena pemesannya sudah banyak.

“Sofa-sofa ini sudah didistribusikan dan dijual kepada masyarakat,” Kata Syarif.

Menurut Syarif, WBP Lapas Narkotika Sungguminasa selama ini banyak mendapatkan pelatihan yang masuk dalam program pembinaan kemandirian. Ia mengatakan bahwa saat ini, sebanyak 23 Kegiatan Pembinaan yang ada di Lapas Narkotika Sungguminasa dan salah satunya adalah Pelatihan Kerajinan Pembuatan Sofa.

Kepala Seksi (Kasi) Kegiatan Kerja, Lapas Narkotika Sungguminasa, Muh. Ahsan menyebut, program pembinaan kemandirian ini yang menghasilkan sofa kekinian banyak diminati masyarakat dan sudah dipasarkan melalui aplikasi Online.

“Kualitasnya bisa bersaing dengan sofa-sofa yang ada di toko terknenal. Kami juga menyajikan harga yang terjangkau serta bisa dipesan sesuai dengan kebutuhan konsumen,” ungkap Ahsan.

Lebih Lanjut, ia mengatakan bahwa produk ini telah mendapat  apresiasi dari masyarakat dan sudah dipamerkan di beberapa event-event besar Sulsel yakni pada Kegiatan Roving Seminar Ditjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham di Hotel Four Point Makassat dan pada kegiatan kegiatan Pencanangan Desa Bersinar oleh kepala BNN Pusat yang diadakan di Hotel Claro pada 31 Agustus 2022 lalu.