Makassar – Perkumpulan Advokat Indonesia (PERADIN) gelar Pelantikan Advokat di Gedung Pengadilan Tinggi Makassar Provinsi Sulawesi Selatan, jumat (23/9/2022).

Ketua Umum DPP PERADIN, Advokat Ropaun Rambe mengatakan bahwa pelantikan ini terakhir dilaksanakan untuk tahun 2022, dan akan ada perubahan paradigma rekrutmen advokat yang tidak lagi seperti sekarang.

“Kedepan pelaksanaan pendidikan profesi advokat yang dapat melaksanakannya adalah Universitas atau perguruan tinggi yang terakreditasi dan terdapat Program Studi Advokat (PRODI-PA) Nya,” katanya

PERADIN telah mengusulkan kepada pemerintah agar merubah sistem, bahwa rekrutmen advokat itu harus back to kampus.

“Alhamdulillah sudah ada hasil dengan nomenklature tentang pendidikan profesi advokat dan dalam waktu dekat ini akan ada program study profesi advokat,” tambahnya.

Selain itu, Ketua DPW PERADIN Sulsel, Advokat Abdul Rahman mengatakan, pelantikan ini sudah angkatan ketujuh dan hari ini kita melantik 13 orang serta akan diambil sumpahnya.

“Kita berharap dalam pelantikan ini bisa menghasilkan advokat yang profesional, berintegtitas dan handal. Sehingga, nantinya bisa membantu penegakan hukum terutama masyarakat yang kurang mampu serta memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma dan gratis tentunya dalam membela keadilan masyarakat,” harapnya.

Sekretaris DPW PERADIN Sulsel, Advokat Muh Safri Tunru menambahkan bahwasanya DPW Sulsel siap menjalankan apa yang menjadi arahan Ketua Umum.

“Berdasarkan arahan Ketua Umum DPP, kami juga dari DPW PERADIN Sulsel siap membentuk dan membuka Cabang POSBAKUMADIN, BANKUM GERADIN serta BANKUM PAWIN di Kabupaten dan Kota wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Makassar,” tambahnya.