JAKARTA – Enam bidang lowongan pekerjaan jalur pro hire dibuka Bank Indonesia (BI) yaitu ekonomi syariah, pasar keuangan, sistem pembayaran, perpajakan, logistik dan konsumsi, serta teknologi informasi.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Tinjau Teknologi Arsinum di Sinjai

Tidak hanya itu, dari sektor pasar keuangan sendiri, BI membuka lowongan dua posisi manajer yaitu Financial Market dan Development (Derivative Expert). Pendaftaran terbuka hingga Senin pekan depan, 24 Oktober 2022.

Berdasarkan laman resminya, BI menjelaskan bahwa para pendaftar dipastikan telah membaca seluruh aturan dan tata cara serta jadwal di web milik BI.

“Sebelum mendaftar pastikan Anda telah membaca seluruh ketentuan umum, tata cara melamar, dan jadwal kegiatan rekrutmen dan seleksi di situs web ini,” jelasnya dilansir dari Tempo.co.

Berikut persyaratan untuk posisi Manajer Financial Market:

1. Usia maksimal 40 Tahun pada 30 September 2022.

2. Pendidikan minimal S1 diutamakan Bidang Keuangan, Akuntansi, Ekonomi (Studi Pembangunan), Matematika, Teknologi Informasi/Ilmu Komputer/Teknik Informatika, dan Teknik Industri.

3. Pengalaman minimal tiga Tahun.

4. Pernah bekerja sebagai dealer/analis pasar keuangan.

5. Memiliki pengalaman dalam mendesain dan mengembangkan produk pasar keuangan.

6.Mempunyai pengalaman data manajemen.

7. Memahami perkembangan pasar keuangan, baik di pasar uang dan di pasar Valas.

8. Memiliki pengetahuan yang dalam mengenai instrumen di pasar uang dan pasar Valas termasuk derivatifnya.

9. Memiliki kemampuan pengelolaan data untuk mendukung analisa pasar keuangan.

Manajer Financial Market berfungsi untuk mengkoordinasikan program kerja BI dalam mendukung pengembangan instrumen pasar keuangan: Rupiah dan Valas. Kemudian membantu penyusunan ketentuan-ketentuan terkait transaksi dan instrumen di pasar uang dan pasar Valas.

Posisi ini juga bertugas untuk berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk mempercepat proses pengembangan instrumen pasar keuangan.