JAKARTA – Penerbangan Lion Air JT-330 dengan rute penerbangan Jakarta-Palembang mengalami masalah mesin setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta.  Pesawat Lion Air memutuskan untuk kembali ke Bandara Soetta setelah 39 menit mengudara.

Baca Juga : Gangguan Ginjal Misterius Merajalela, Ini Penjelasan IDAI

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro membenarkan bahwa penerbangan Lion Air kembali karena kerusakan mesin. Danang mengatakan penerbangan Lion Air membawa 6 kru dan 169 penumpang.

Danang mengatakan, penerbangan menuju Palembang lepas landas dari Bandara Soetta pada pukul 17.13 WIB, Rabu (26/10/2022). Pilot memutuskan untuk kembali setelah mencapai ketinggian 3.000 kaki.

“Setelah proses penanganan operasional, layanan penumpang dan kargo di darat selesai, Lion Air penerbangan JT-330 lepas landas pukul 17.13 WIB dengan membawa 6 (enam) kru dan 169 tamu (penumpang),” katanya.

“Fase mengudara berjalan normal. Pilot menjalankan pengoperasian pesawat berdasarkan prosedur. Pada ketinggian jelajah 3.000 kaki, pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya dan menunjukkan perlu segera dilakukan pengecekan,”lanjutnya.

Danang mengatakan, pesawat tersebut lolos pemeriksaan sesuai standar operasional prosedur (SOP). Pesawat Boeing 737-800NG yang terdaftar di PK-LKK juga dinyatakan layak terbang dan aman dioperasikan berdasarkan pengecekan awal.

Danang mengatakan pilot memutuskan untuk kembali karena alasan keselamatan. Pesawat kemudian mendarat di Bandara Soekarno-Hatta secara normal.

“Dalam memastikan faktor keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal (return to base) di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Pesawat mendarat secara normal dan aman. Setelah pesawat berhenti dan parkir pada landas parkir (apron), seluruh penumpang diarahkan untuk menuju ruang tunggu (boarding gate) guna mendapatkan informasi lebih lanjut. Proses penumpang keluar dari pesawat (disembark) dilakukan secara normal,” katanya.

Corporate Communications Bandara Soekarno-Hatta, Kholik mengatakan, penerbangan Lion Air dilaporkan telah kembali ke Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 17:52 WIB. Semua penumpang dan kru di dalam pesawat selamat.

“Dari informasi yang kami dapatkan benar telah dilakukan RTB (return to base) pesawat Lion Air JT330 rute Jakarta-Palembang ke Bandara Soekarno-Hatta pada hari ini pukul 17.52 WIB,” katanya.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala mengatakan, penerbangan Lion Air mendarat dengan normal dan aman. Semua penumpang diarahkan ke ruang tunggu.

“Proses penumpang keluar dari pesawat (disembark) dilakukan secara normal,” katanya.

Lion Air meminta maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

“Teknisi dan pilot melakukan pengecekan pada pesawat melalui tahapan kerja yang dijalankan menurut daftar kerja (check list) yang membutuhkan waktu. Untuk saat ini, Lion Air tidak dapat berspekulasi,” ujarnya, dilansir detik.com.