Tari paduppa
Tarian yang menggambarkan bahwa orang Galesong Makasssar sedang kedatangan tamu atau dapat dikatakan sebagai tari selamat datang.

Tari 4 etnis
Tari 4 etnis adalah tarian yang berasal dari tanah Sulawesi Selatan. Tarian ini merupakan gabungan dari empat etnis terbesar yang ada di Sulawesi Selatan, Yaitu Makassar, Bugis, Mandar, dan Toraja.

Tari pepeka ri makka
Tari Pepe-Pepeka ri Makka salah satu warisan budaya leluhur yang masih hidup sampai sekarang. Tari ini semula berfungsi sebagai penyebaran agama Islam dan sebagai sarana ritual bagi umat islam. Seiring dengan perkembangan zaman fungsinya berubah menjadi pertunjukan hiburan.

Tari patorani
Tari Patorani merupakan tari kreasi yang dibuat oleh seniman Galesong dalam upaya memperkenalkan budaya lokal masyarakat Galesong Kabupaten Takalar. Bila dilihat dari arti patorani adalah orang-orang berani yang mampu melawan derasnya gelombang ombak di lautan dalam mencari ikan torani.

d. Budaya

Aru tu mangksarak

Aru (sumpah) atau angngaru (bersumpah) adalah ikrar yang diucapkan orang-orang Makassar sejak dulu.

Biasanya diucapkan oleh abdi raja kepada rajanya, atau sebaliknya, oleh raja kepada rakyatnya.

Aru dipercayai mengandung nilai magis dan religius. Sehingga, aru harus diungkapkan dengan sungguh-sungguh dan harus dilaksanakan pula dengan sungguh- sungguh.

Sebagai contoh, misalnya, ketika pasukan Bontomarannu hendak pergi berperang, mereka mengucapkan aru di depan Raja Gowa bahwa mereka akan berjuang untuk mempertahankan wilayah kerajaan, membela kebenaran, dan ‘tak akan mundur selangkah pun sebelum musuh melangkahi mayatnya.

Sekolah adat dan konstitusi

Sekolah adat dan konstitusi merupakan sekolah berada di kawasan adat dan budaya Balla Barakkaka ri Galesong.

Sekolah ini merupakan sekolah non formal yang berada pada halaman terbuka dan peserta didiknya berada di manapun berada juga dari tingkat usia anak-anak hingga dewasa.