Hari Pers Nasional (HPN) diperingati pada 9 Februari setiap tahunnya dan tahun ini peringatan Hari Pers Nasional menjadi istimewa karena peringatannya menjelang momentum 5 tahunan yakni Pemilihan Umum yang akan berlangsung pada tgl 14 Februari 2024.

Peringatan Hari Pers Nasional tahun ini mengusung tema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”. Hari Pers Nasional dimaknai sebagai apresiasi atas perjuangan para pekerja media seperti wartawan, penyiar dan lainnya yang telah memberikan informasi kepada masyarakat.

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985, disebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.
Tak terkecuali mengawal pesta demokrasi Bangsa Indonesia agar tetap damai dan jauh dari pemberitaan hoax yang dapat mengakibatkan disintegrasi Bangsa Indonesia.

Pers menjadi salah satu pilar demokrasi diharapkan mampu menghadirkan pemberitaan yang berimbang, menyajikan fakta serta tetap independen demi keutuhan bangsa Indonesia.

Panwaslu Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 2024 dan Selamat Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia. Pers sebagai akselerator kemajuan demokrasi Indonesia.

Mari bersama kita hadirkan pemilu damai dan berintegritas untuk menyongsong pemimpin Indonesia yang akan mengantarkan seluruh rakyat Indonesia menuju Indonesia Emas 2024.

Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu. (*)