Seperti diketahui, dijelaskan Rendra sebagai pengawas koperasi Manggala Wanatani Indonesia, ia paparkan bahwa mangrove selain berfungsi menyerap emisi karbon, mangrove juga mampu mengurangi abrasi pantai, menjaga kualitas air pesisir, konservasi keanekaragaman hayati dan menyediakan bahan-bahan alami penting yang mendukung sektor perikanan. Sehingga, dengan adanya hutan mangrove ini diharapkan mampu mendukung sumber mata pencaharian masyarakat.

“Kami yakin perubahan besar selalu diawali dari langkah kecil, semoga kegiatan ini dapat menginspirasi sehingga mampu meningkatkan kesadaran kita, maupun masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan,” tandasnya.

Sebagai program pertama Net Zero Carbon Emission Melalui Penanaman Mangrove dengan Kolaborator dengan masyarakat sekitar, diharapkan juga program ini dapat menarik pihak lain untuk ikut serta memperkaya dan berkontribusi dalam program tersebut ke depannya.

“Pihaknya juga menyampaikan terima kasih khususnya Kepala Desa kepada seluruh masyarakat Desa eyat Mayang dan sekitarnya yang telah bersama-sama telah menunjukan bahwa kita tidak hanya peduli dengan profit tapi juga ikut membangun masyarakat dan merawat lingkungann untuk dunia,” sebut Rendra dalan sambutanya.

“Dengan peresmian langkah yang dilakukan hari ini adalah satu simbol bahwa kita akan terus menggerakkan masyarakat untuk cinta akan bumi ini dengan menanam Magrove” Harapnya dengan adanya kegiatan ini.

Sementara, Kepala Desa Eyat Mayang Sekotong Lombok Barat menyampaikan, apresiasi kepada Koperasi Manggala Wanatani Indonesia yang telah menunjuk dan memberikan kesempatan serta kepercayaan kepada warga Desa kami.

“Saya atas nama pribadi dan seluruh masyarakat Desa Eyat Mayang menyampaikan apresiasi dan ucapan banyak terimakasih yang setinggi-tingginya atas kepercayaan ditunjuknya Desa kami sebagai salah satu lokasi di tanamannya Bibit mangrove,”kata Lalu Agus.

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Lombok Barat Hj Sumiatun, pada meminta kepada seluruh masyarakat agar menjaga kepercayaan itu sebaik-baiknya.