JENEPONTO – Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto mengerahkan 6 orang tim medis pada Kejuaraan Karate Open Turnamen PEWARTA CUP 2024, yang dilaksanakan pada hari Jum’at dan Sabtu, 23-24 Februari 2024.

Kejuaraan Karate PEWARTA Cup dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Jalan Pahlawan Kelurahan Empoang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan.

“Tim Medis adalah syarat mutlak sebelum pertandingan Kumite dimulai, kelas kumite adalah pertarungan 1 lawan 1 karena itu kehadiran Tim medis wajib hadir di tepi lapangan matras pertandingan”, ujar Sensei M. ilyas Marannu Gallang, Panitia Seksi Perlengkapan, Senin, (26/2/2024).

Yang dikhawatirkan bila ada hal yang tidak diduga, mungkin saja ada peserta yang lupa sarapan atau kurang enak badan atau karena hal lain sehingga membutuhkan Tim medis untuk di tensi atau diperiksa, tambahnya.

Pada Kejuaraan karate open turnamen Persatuan Wartawan Turatea (PEWARTA) CUP 2024 nampak sejumlah atlit jatuh kena tendangan dan pukulan di wajah, perut dan pinggang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto Syusanti Andi Mansyur mengatakan, ke 6 personel Tim medis telah bertugas dengan sangat baik dan cermat.

“Laporan yang masuk bahwa sejumlah peserta cabang lomba Karate mengalami cidera keseleo, memar, salah urat dan pingsan bahkan ada yang patah tulang dan dirujuk ke RSU Lanto Dg Pasewang. Kinerja Tim medis sangat baik dan cermat”, ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto, Syusanti Andi Mansyur S.KM.

Tim medis di pelaksanaan event Kejuaraan karate open tournament Persatuan Wartawan Turatea (PEWARTA) CUP 2024 hanya sebatas pertolongan pertama, bila ada tindak lanjut maka direkomendasikan dirujuk dari GOR ke RSU, tandasnya.

Sementara itu Ketua PEWARTA, Andi Zulkarnain Nurdin Kr Pasang mengatakan sangat berterima kasih atas atensi dan kemitraan yang terbangun dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto kepada insan jurnalis terutama pelaksaan event.

“Alhamdulillah atas atensi Kadis Kesehatan Jeneponto, dua hari Tim medis bertugas untuk profesi yang handal tentu membuat kami sangat terharu dan bangga, termasuk siap 1 unit ambulans. Sekali lagi terima kasih Ibu Kadis Kesehatan Jeneponto tetap semangat”, pungkasnya. (*)