Laporan : Tim Jelajah Ramadhan Berkah (Tim JRB).

JENEPONTO – Hari ke 11 Ramadhan 1445 H, Tim Jelajah Ramadhan Berkah (Tim JRB) melakukan kunjungan ke salah satu tempat konsultasi dan pelayanan program diet terbaik di Jeneponto, Rumah Sehat Wal Afiat (RSW) yang beralamat di Jalan Kesehatan, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Jumat (22/3/2024).

Maksud kedatangan Tim JRB ke RSW adalah melakukan konsultasi seputar pola makanan sehat dan kebutuhan nutrisi bagi mereka yang menjalankan puasa selama Ramadhan.

Owner RSW, Faisah atau yang lebih akrab disapa kak Icha mengatakan, bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa selama Ramadhan dengan intensitas yang tinggi, berpesan, sebaiknya memperhatikan kebutuhan nutrisi selama berpuasa, karena memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik dapat membantu menghindari beberapa efek samping umum dari puasa, seperti pusing atau dehidrasi, dan memberikan energi yang dibutuhkan untuk melewati hari.

Rakyat News

Kak Icha memberikan kiat bugar selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan sebagai berikut:

1. Kecukupan Minum air sangat penting untuk tetap sehat. Asupan cairan memungkinkan sebagai transportasi nutrisi, pemeliharaan suhu tubuh, pemeliharaan sirkulasi dan tekanan darah, pelumasan sendi dan jaringan tubuh serta fasilitasi pencernaan.

Secara umum asupan air minum delapan gelas air sehari dapat didistribusikan menggunakan metode 2-4-2 antara lain dua gelas saat makan berbuka puasa, empat gelas dari setelah berbuka hingga waktu tidur, dan dua gelas selama makan sahur.

2. Pilih makanan sederhana yang kaya nutrisi, keinginan untuk menyantap makanan manis yang mengandung tinggi gula dan lemak saat berbuka puasa acap kali menggoda sementara ini bukan pilihan terbaik.

Jenis makanan tersebut tidak hanya penuh dengan kalori kosong, dan hanya memenuhi keinginan sesaat, tetapi berdampak pada kondisi tubuh pasca berbuka puasa dengan keluhan lemas dan malas gerak.