RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) sedang mempersiapkan dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) dan Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) untuk proyek pembangunan Stadion Sudiang di Makassar.


Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Suherman, menyatakan bahwa proses desain stadion, baru akan dimulai setelah dokumen-dokumen ini rampung dan diserahkan ke pemerintah pusat.


“Kalau semua administrasi lengkap, kita akan ajukan ke pusat. Mungkin bisa saya minta desainnya apa semua,” kata Suherman, Sabtu (29/6/2024).


Ia menambahkan bahwa desain stadion akan dibuat oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sementara Pemprov Sulsel, bertugas menyelesaikan semua dokumen yang diperlukan sebelum pembangunan dapat dimulai.


Pemprov Sulsel sedang berupaya untuk menyelesaikan dokumen Amdal dan Andalalin. Suherman menyebutkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk pengelola bandara dan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, untuk memastikan semua persyaratan terpenuhi.


“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk prospek ke bandara terkait masalah ketinggian dan lainnya. Saat ini, kami sedang menunggu jawaban dari semua pihak yang terkait,” jelas Suherman.


Terkait dengan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Stadion Sudiang, Suherman mengungkapkan bahwa pihaknya belum bisa memastikan kapan hal ini akan dilakukan.
“Dispora hanya mempercepat administrasi. Untuk groundbreaking, itu nanti tergantung pengusulan dari PUPR Pusat dan kota,” ujarnya.


Suherman juga menegaskan bahwa lahan yang akan digunakan untuk pembangunan stadion aman dan telah memiliki sertifikat. “Kami sudah mengantongi sertifikat 74 hektare lahan di kawasan GOR Sudiang,” tegasnya.


Proyek pembangunan Stadion Sudiang Makassar diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo, juga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Pemprov Sulsel, Pemkot Makassar, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros, telah menyatakan kesiapan mereka untuk mendukung proses pembangunan stadion ini.


Dengan rampungnya dokumen Amdal dan Andalalin, Pemprov Sulsel berharap dapat segera melanjutkan ke tahap desain dan konstruksi, guna menghadirkan fasilitas olahraga yang representatif dan modern di Makassar.


Penulis: Dwiki