Selain itu, ustadz Roihan juga mengatakan bahwa BKPRMI adalah organisasi yang aktif mengirimkan tim munaqisynya untuk dilatih dan sekaligus uji kompetensi melalui ujian syahadah.

Setelah pembukaan dilanjutkan dengan plasemen tes oleh Tim Penguji ustadz Mujib Alhafidz dan ustadzah Mawasdah Alhafidzah, dari hasil plasemen tes tersebut peserta dipetakan menjadi beberapa kelompok yaitu kelompok A sebanyak 11 orang dan kelompok B sebanyak 12 dengan program Tartil dan Syahadah 1 (S1) dan kelompok C yaitu program Syahadah (S.2A dan S.2B).

Kegiatan ToT ini berlangsung dengan dinamika dan progres peserta yang antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan, dalam pantauan DPD BKPRMI dalam hal ini Sekum DPD BKPRMI ustadz Hamsar dan Dirda LPPTKA BKPRMI ustadz ahanuddin, mengawal dan mendampingi peserta, dan selama 6 hari berlangsung peserta berusaha menguasai seluruh materi yang diberikan oleh tim pelatih dan penguji, dan apa yang menjadi harapan Ketua Umum DPD BKPRMI Kabupaten Jeneponto dalam sambutan saat pembukaan benar benar terwujud.

Peserta ToT yang berjumlah 30 orang dan termasuk Ketua Umum DPD BKPRMI melebur dengan peserta lainnya menjadi peserta pelatihan dan ternyata sebanyak 27 orang berhasil untuk maju pada jenjang program selanjutnya, 8 orang peserta kelompok A dan 12 orang peserta kelompok B lulus ke program Syahadah (S.2A dan S.2B), 07 orang peserta kelompok program Syahadah (S.2A dan S.2B) berhasil lulus semua.

Pasca ujian syahadah yaitu pada hari ke 6 pengurus Balitbang LPTQ Team Tadarus AMM Yogyakarta mengumumkan juga peserta terbaik masing masing jenjang program, program Syahadah (S.1) peserta terbaik 1 adalah ustadz Kamaruddin dari Bangkala, terbaik ke 2 oleh ustadzah Syamsiah Musdin dari Tamalatea dan terbaik ke 3. Andi Husnul Yaqin, dan program Syahadah (S.2A) peserta terbaik 1 adalah ustadz Anwar Thalib ketua 2 DPD BKPRMI, terbaik ke 2 oleh ustadz Salihuddin, S.Ag., HQ Ketua Umum DPD BKPRMI dan terbaik ke 3. Mirawati, S.Pd. sedang program Syahadah (S.2B) peserta terbaik 1 adalah ustadz Salihuddin, S.Ag., HQ Ketua Umum DPD BKPRMI dan terbaik ke-2 oleh ustadzah Irawati serta terbaik ke-3. ustadzah Riska, SE. (*)