RAKYAT.NEWS, YOGYAKARTA – Ketua DPP PDIP Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Ganjar Pranowo, menyampaikan bahwa partainya akan mengungkapkan nama calon peserta Pemilihan Kepala Daerah yang didukungnya pada akhir Juli.

Menurut Ganjar, pengumuman calon akan disampaikan secara bertahap karena PDIP masih dalam proses rekrutmen dan seleksi.

“Kalau pilgub seluruh Indonesia sekarang lagi berproses, insya Allah akhir bulan ini mungkin secara bertahap akan mulai diumumkan termasuk Jakarta, Jawa Tengah, provinsi-provinsi besar pasti seksi, kan, orang ingin melihat semua,” kata Ganjar di UGM, Sleman, DIY, Rabu (24/7/2024), mengutip CNNIndonesia.com.

Ganjar juga menegaskan bahwa salah satu syarat utama untuk diusung oleh PDIP dalam Pilgub adalah pemahaman yang kuat terhadap dinamika provinsi tersebut.

“Ya siapapun akan punya kecocokan ketika dia mampu mengetahui dan punya satu konsepsi untuk kemudian merespons persoalan-persoalan penting, siapapun bisa, kadernya banyak kok,” ujarnya.

Sebagai pemegang posisi Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah di dalam PDIP, Ganjar juga membuka diri untuk berkonsultasi dengan para calon peserta pilkada mengenai pengalamannya selama sepuluh tahun memimpin Jawa Tengah.

“Saya diminta atau tidak diminta pasti membantu, hari ini sudah banyak yang konsultasi, ngobrol, di DPP juga kita rapat sampaikan terbuka lah, apalagi saya disuruh ngurusi pemerintahan jadi agak pas,” katanya.

“Ya berbagi-berbagi cerita, pengalaman, melihat situasi, belajar dari pengalaman sebelumnya, saya kira penting untuk kawan-kawan para kandidat tahu soal itu,” imbuhnya.