RAKYAT NEWS, JAKARTA – Pemerintah akan mulai menggelar proses seleksi calon aparatur sipil negara atau CASN pada akhir Agustus 2024 mendatang. Rangkaian proses pembukaan seleksi hingga seleksi administrasi ini akan dilaksanakan hingga pekan kedua September 2024.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawiaan Negara (BKN) Suharmen mengatakan, skenario ini akan dilaksanakan setelah adanya penetapan jabatan atau formasi yang dibuka di kementerian dan lembaga (K/L) oleh Menteri PANRB. Karenanya, ia berharap K/L mulai mendetailkan kebutuhan formasi.

“Maka nanti sesuai dengan agenda kita, nanti Insyaallah di minggu kedua atau ketiga awal bulan Agustus akan kita umumkan pendaftaran,” kata Suherman dalam agenda Sosialisasi Kebijakan Pengadaan CASN 2024 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), dikutip Kamis (8/8/2024).

“Jika ini sudah dilakukan maka sampai minggu kedua September akan dilakukan seleksi administrasi,” tegasnya.
Adapun untuk untuk seleksi kompetensi dasar atau SKD digelar mulai pekan kedua Oktober. Lalu, pada pekan kedua November, BKN akan mengumumkan kelulusan peserta yang mengikuti SKD atau lolos ke seleksi SKB pada November.

Adapun, timeline CPNS 2024 yang dikutip dari paparan BKN:

• Pengumuman, pendaftaran, seleksi administrasi: minggu ketiga Agustus – minggu kedua September 2024

• Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS: minggu kedua Oktober – minggu kedua November 2024

• Pengumuman hasil SKD CPNS: minggu kedua November 2024

• Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Computer-Assisted Test (CAT) dan Non-CAT: minggu ketiga November – minggu ketiga Desember 2024

• Pengumuman kelulusan akhir CPNS: minggu kedua – minggu ketiga Januari 2025

• Usulan penetapan nomor induk: minggu ketiga Februari – minggu ketiga Maret 2025

Tim Redaksi

Rakyat News
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS