RAKYAT NEWS, JAKARTA – Duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi telah tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur setelah terbang selama sekitar dua jam pada Sabtu (10/08/2024). Penerbangan yang menggunakan pesawat Boeing 737-400 TNI AU mendarat pada pukul 12.55 WITA.

Purna Paskibraka Duta Pancasila yang membawa bendera Merah Putih adalah Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Provinsi Banten. Sedangkan pembawa teks proklamasi adalah Lilly Wenda dari Provinsi Papua Pegunungan.

Kedua duta tersebut disambut dengan jajar kehormatan Paspampres, Purna Paskibraka dari Provinsi Kalimantan Timur, dan jajaran Duta Budaya Provinsi Kalimantan Timur saat turun dari pesawat. Mereka kemudian melanjutkan perjalanan dengan kendaraan taktis “Maung”.

Bendera Merah Putih dan teks proklamasi diarak menuju Istana Negara di Ibu Kota Nusantara. Antusiasme masyarakat dan pelajar terlihat saat kirab melewati area bandara. Mereka mengibarkan bendera Merah Putih dan bersorak gembira.

Rute kirab melalui Jalan Mulawarman, Gerbang Tol Manggar, Jalan Tol Seksi III A, Jembatan Pulau Balang, Jalan Negara, hingga melintasi Jalan IKN menuju Istana Negara IKN. Perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam.

Penerbangan bendera duplikat Merah Putih dipimpin oleh Mayor Pnb. Kresna Hendra. Kapten pilot adalah Kapten Pnb. Khairizal Netani, dengan dua kopilot Lettu Pnb. Mufid Denico dan Letda Pnb. Burhanuddin Ihsan, serta kru lainnya.

Turut serta dalam penerbangan tersebut adalah Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, dan Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I Jakarta Brigjen TNl Edi Saputra.

Tiba di IKN

Kirab sampai di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, dengan membawa duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi. Dua duta, Naila Aulita Alqubra Sinapoy dan Lilly Wenda, turun dari mobil “Maung” di depan Istana Negara IKN. Mereka melintasi jajar kehormatan Paspampres dan Purna Paskibraka Nasional tahun 2023.