MAKASSAR – Pemerintah melalui Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyatakan bahwa pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 resmi dibuka hari ini, Selasa (20/8/2024). Sebanyak 250.407 formasi telah disiapkan bagi para pendaftar.

Pendaftaran CPNS dibuka mulai pukul 17.08 WIB atau 18.08 Wita. Tahapan pendaftaran akan berlangsung hingga sampai 6 September 2024.

Prosedur pendaftaran akan dilakukan secara online dan terpusat. Para calon dapat mendaftar melalui situs resmi Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas menyarankan para pelamar untuk memperhatikan persyaratan dan prosedur pendaftaran CPNS 2024. Ada total 114.706 formasi untuk instansi pusat dan 135.701 formasi untuk instansi daerah.
“Tahun ini terdapat 250.407 formasi yang kita sediakan untuk talenta-talenta baru lulusan perguruan tinggi terbaik (fresh graduate). Formasi ini terbagi untuk instansi pusat 114.706 dan instansi daerah 135.701,” kata Azwar dilansir dari situs resmi Kementerian PANRB.
Anas juga mengumumkan, bahwa selain pendaftaran CPNS, terdapat rekrutmen untuk posisi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Proses rekrutmen akan dilakukan secara bertahap.
“Secara bertahap nanti akan dibuka rekrutmen PPPK untuk kelanjutan penataan tenaga non-ASN atau tenaga honorer pada tahun 2024, yang saat ini sedang proses verifikasi dan validasi. Segera kami umumkan untuk rekrutmen PPPK bila proses verifikasi dan validasi tuntas,” imbuhnya.
Selain itu, kata Azwar, penerimaan CPNS tahun ini memberikan peluang besar bagi lulusan baru karena memiliki jumlah formasi yang dibuka lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

“Untuk fresh graduate kita buka peluang yang lebih besar dibanding tahun sebelumnya, karena tahun ini jumlah rekrutmen CPNS-nya relatif lebih besar dibanding sebelumnya,” lanjut Azwar Anas.

Perlu diketahui, bahwa jadwal pendaftaran CPNS akan dimulai dari 20 Agustus hingga 6 September 2024. Pengumuman hasilnya akan disampaikan oleh masing-masing instansi pada 19 Agustus hingga 2 September 2024.