NUSANTARA – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) membuka kesempatan kepada masyarakat untuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 sebanyak 600 formasi untuk mengisi posisi strategis di lingkungan IKN.

“Alokasi kebutuhan Jabatan CPNS di lingkungan Otorita Ibu Kota Nusantara Tahun Anggaran (TA) 2024 sejumlah 600 formasi,” tulis OIKN dalam keterangan resminya, Selasa (20/8/2024).

Seleksi untuk sejumlah formasi yang akan dibuka dalam mengisi posisi staff di IKN tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Sekretariat;

2. Unit Kerja Hukum dan Kepatuhan;

3. Deputi Bidang Perencanaan dan Pertanahan;

4. Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan;

5. Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat;

6. Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital;

7. Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam;

8. Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi; dan

9. Deputi Bidang Sarana dan Prasarana.

Pendaftaran dan pengiriman berkas administrasi dilakukan secara daring melalui website https://sscasn.bkn.go.id/ sebagaimana terlampir sesuai dengan formasi yang akan dilamar. Waktu pendaftaran dimulai tanggal 20 Agustus dan ditutup 6 September 2024 paling lambat pukul 23.59 WIB.

Dalam website tersebut, pihak OIKN menegaskan bahwa seluruh proses seleksi CPNS tidak dipungut biaya serta mengingatkan para masyarakat agar tidak mempercayai pihak atau oknum tertentu demi membantu kelulusan dari tahap seleksi.

“Diimbau agar tidak mempercayai apabila ada orang/pihak/oknum tertentu yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau imbalan dalam bentuk apapun,” tulisnya.

Seluruh pengumuman dan perkembangan tahapan seleksi terbuka di lingkungan Otorita IKN akan disampaikan melalui website ikn.go.id dan media sosial resmi Otorita IKN (X dan Instagram: @ikn_id).

Berikut ini adalah tahapan dalam proses seleksinya.

1. Seleksi Administrasi
Proses seleksi dilakukan bagi pelamar yang telah terdaftar pada Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) pada laman https://sscasn.bkn.go.id.
2 Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)