RAKYAT.NEWS, NUSANTARA – Kementrian Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menegaskan bahwa proyek-proyek jalan tol di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan selesai tahun ini.

Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja, menyatakan bahwa proyek-proyek tersebut akan segera dilelang ke Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) setelah selesai.

“Selesai tol tiga seksi (di IKN) 3A, 3B, dan 5B,” kata Endra dilansir Kumparan, Kamis (22/8/2024).

Selain itu, kata Endra menambahkan, bahwa beberapa proyek di IKN yang dijadwalkan selesai pada tahun 2024 termasuk Taman Kusuma Bangsa, Istana dan Kantor Presiden, serta Bandara VVIP. Selain itu, terdapat juga beberapa jalan tol seperti Seksi 3A, 3B, dan 5A.

“Tol tiga seksi (rampung) Desember. 3A, 3B, dan 5A selesai. Terus 1A, 1B lanjut 2025,” tambahnya.

Endra juga menjelaskan, bahwa proyek-proyek jalan tol harus melewati proses provisional hand over (PHO) sebelum dilelang untuk memastikan kepatuhan terhadap standar yang berlaku.
Selain itu, kata Endra, proyek-proyek tersebut akan melewati masa pemeliharaan selama enam bulan setelah selesai. Dalam fase ini, kontraktor akan bertanggung jawab untuk melakukan perbaikan atas potensi ketidaksesuaian dengan standar yang ditetapkan.
Sehingga, jelas Endra, dalam waktu dekat pemerintah akan segera mengadakan proses lelang untuk proyek-proyek tersebut.

“Sesudah enam bulan itu harus dipindahkan ke operator. Nah itu sudah tanggung jawab operator, sampai situ, apakah operatornya nanti Jasa marga, Hutama Karya, Waskita Karya atau yang lain, ya lelang, lelang, air bersih juga lelang,” imbuhnya.

Endra juga menambahkan bahwa selain jalan tol, proyek seperti Taman Kusuma Bangsa, Istana Presiden, dan Bandara IKN juga akan selesai sebelum akhir tahun.
“Yang Taman Kusuma Bangsa selesai, Istana Oktober selesai, Bandara VVIP Desember,” tutup Endra.