RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Kementerian Perdagangan (Kemendag) sedang mencari 309 calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk tahun 2024. Gaji yang ditawarkan berkisar antara Rp6,3 juta hingga Rp8,3 juta.

Hal ini diumumkan dalam Pengumuman Nomor KP.01/01/REK-CASN/PENG/08/2024 mengenai Seleksi CPNS di Kementerian Perdagangan Republik Indonesia Tahun Anggaran 2024.

“Sehubungan dengan pengadaan calon aparatur sipil negara (CASN) tahun anggaran 2024, bersama ini kami sampaikan bahwa Kementerian Perdagangan membuka kesempatan kepada warga negara republik Indonesia yang berminat dan memenuhi syarat untuk mengikuti proses seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Perdagangan,” tulis Kemendag RI dikutip dari website resminya, Rabu (28/8/2024).

Beberapa posisi CPNS yang tersedia antara lain analis hukum ahli pertama, analis investasi dan pengamanan perdagangan ahli pertama, analis perdagangan ahli pertama, negosiator perdagangan ahli pertama, penjamin mutu produk ahli pertama, dan pustakawan ahli pertama dengan gaji mulai dari Rp7,8 juta hingga Rp8,3 juta.

Untuk posisi dengan tingkat keahlian, seperti arsiparis terampil, pranata keuangan APBN terampil, pranata komputer terampil, asisten statistisi terampil, penata laksana barang terampil, dan pranata sumber daya manusia aparatur terampil, gajinya mencapai Rp6,9 juta hingga Rp7,2 juta.

Posisi penata kelola hukum dan perundang-undangan serta pengelola keprotokolan menawarkan gaji sebesar Rp6,3 juta hingga Rp6,9 juta.

Adapun formasi CPNS terbagi menjadi dua kategori, yaitu umum dan khusus. Kategori khusus sendiri meliputi putra/putri Kalimantan dan penyandang disabilitas.

Pendaftaran dibuka mulai 20 Agustus dan akan ditutup pada 6 September. Proses seleksinya terdiri dari tiga tahap, yaitu administrasi, kompetensi dasar, dan kompetensi bidang.

Seleksi kompetensi dasar mencakup Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Selanjutnya, seleksi kompetensi bidang akan menggunakan metode CAT dan seleksi tambahan.