RAKYAT.NEWS, JAKARTA -Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur terus dipercepat oleh Pemerintah. Saat ini, tahap 1 pembangunan IKN sudah mencapai 92%.

Informasi ini dipaparkan oleh Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN dari Kementerian PUPR, yaitu Danis H Sumadilaga. Sementara untuk tahap 2, progresnya sudah mencapai 57%.

“Untuk basic infrastructure yang batch 1 92% lebih. Yang batch 2 udah 57%. Yang batch 3 udah hampir 20%,” ujar Danis di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Jumat (30/9/2024) mengutip detikcom.

Danis menyatakan bahwa setelah perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79, pembangunan IKN akan difokuskan pada penyelesaian proyek-proyek yang sedang berjalan, seperti apartemen ASN. Saat ini, sudah ada 12 tower apartemen ASN yang telah selesai dibangun dan siap untuk dihuni.

“Ini nanti sekitar September-Oktober udah 21 tower. Bahkan November-December sudah sekitar 47 tower akhir tahun,” ujarnya.

Fasilitas penunjang di apartemen tersebut juga sudah lengkap, termasuk minimarket, kafe, laundry koin, dan akan segera memiliki klinik. Selanjutnya, rencananya akan dibangun fasilitas lain seperti PAUD dan gym.

Untuk kantor Kementerian Koordinator (Kemenko), rata-rata progresnya sudah mencapai 80%, kecuali Kantor Kemenko 2 yang baru mencapai 50%. Sebagian lantai tower Kemenko sudah dapat digunakan sebagai kantor.

“Menko PMK sudah datang rapat di sana. Kemudian dari setiap kementerian sekarang udah pada datang, mereka sudah survei di mana mau ngeliat, misalnya kemarin ya, Kemenko PMK itu kan di Kemenko 4. Kemenko 4 sudah ngeliat gedungnya kayak gimana yang mau jadi sharing office,” pungkasnya.

Kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dan Sekretariat Presiden (Setpres) juga telah siap digunakan. Danis menambahkan bahwa fasilitas ini sudah digunakan saat peringatan 17 Agustus.