Mengenai bandara IKN, Danis menyebutkan bahwa panjang landasan pacu sudah mencapai 1.375 meter. Diharapkan, dengan kondisi cuaca yang mendukung, target 2.200 meter akan tercapai pada tanggal 2 September. Dengan tercapainya target tersebut, bandara tersebut sudah dapat menerima pendaratan pesawat kepresidenan dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat mulai bekerja di IKN.

“Udah 1.000, tadi udah sampai 1.375 meter, kan kita punya target 2.200 meter. Mudah-mudahan lah dia minggu pertama September bisa kelar. Masih suka hujan. Kalau nggak hujan, 2 September kelar,” umbuhnya.

Selain itu, pemerintah juga sedang mempersiapkan pembangunan infrastruktur dasar di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN 1B dan 1C, termasuk akses jalan dan Multi Utility Tunnel IKN (MUT) yang merupakan terowongan untuk berbagai jenis kabel dan saluran air.

Danis menegaskan bahwa infrastruktur dasar seperti pasokan air, listrik, dan internet sudah siap di IKN. Dengan demikian, IKN siap untuk dihuni oleh Presiden Jokowi yang direncanakan akan mulai bekerja di sana pada bulan September, serta siap menerima pemindahan para ASN.