RAKYAT NEWS, JAKARTA – Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, sedang menjadi perbincangan hangat di masyarakat setelah diduga menerima hadiah melalui penggunaan jet pribadi.

Kisah ini dimulai ketika istri Kaesang, Erina Gudono, memposting foto jendela pesawat berbentuk oval di akun Instagramnya @erinagudono. Publik kemudian berspekulasi bahwa gambar tersebut adalah jendela jet pribadi yang berbeda dari pesawat komersial.

Kemudian, isu tersebut berkembang menjadi dugaan gratifikasi. Beberapa pihak menduga Kaesang menggunakan jet pribadi Gulfstream G650E milik Garena, perusahaan Singapura. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana untuk meminta penjelasan dari Kaesang mengenai hal ini.

Beberapa orang di sekitar Kaesang juga memberikan tanggapan dan membela Ketua Umum PSI tersebut.

Ketua Umum Jokowi Mania Immanuel Ebenezer

Ketua Umum Relawan Jokowi Mania, Immanuel Ebenezer alias Noel, mengungkapkan bahwa Kaesang berangkat ke Amerika Serikat (AS) karena diundang oleh temannya yang merupakan anak dari seorang pengusaha dengan jet pribadi.

“Bukan menyewa. Enggak ada. Info yang saya dapat pemilik private jet itu kawannya Kaesang. Dan Mas Kaesang diajak ke Amerika,” kata Noel dalam acara Political Show CNN Indonesia, Senin (9/9) malam.

Walau begitu, Noel enggan menyebutkan nama teman Kaesang yang memiliki jet pribadi tersebut. Menurutnya, Kaesang memanfaatkan kesempatan ini daripada menggunakan pesawat dengan biaya tinggi.

“Ya mas Kaesang mumpung daripada naik ini bayar mahal ada yang ajak,” tambahnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi

Menteri Komunikasi dan Informatika sekaligus Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi, menganggap wajar jika Kaesang Pangarep menggunakan jet pribadi dalam perjalanannya ke AS.

Budi mengatakan bahwa Erina Gudono sedang hamil 8 bulan sehingga tidak diperbolehkan untuk naik pesawat umum.