RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui bahwa mereka belum mengetahui dengan pasti siapa pemilik jet pribadi yang digunakan oleh Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dalam perjalanannya ke Amerika Serikat (AS).

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, hanya mengetahui bahwa Kaesang dan istrinya, Erina Gudono, pergi bersama dengan seseorang dengan inisial Y menggunakan jet pribadi pada tanggal 18 Agustus 2024.

“Tapi kami enggak tahu nih, benar enggak nama lengkapnya ini, siapa ini orang, WNI atau WNA atau apa gitu. Dibilang pesawat punya siapa juga nanti kita konfirmasi lagi,” kata Pahala,Selasa (17/9/2024), mengutip CNNIndonesia.com.

Pahala menyatakan bahwa KPK akan melakukan konfirmasi atas informasi yang diberikan oleh Kaesang dalam waktu seminggu ke depan.

“Enggak disebut detail siapa, cuma nama gitu ya, kami enggak enggak tahu. Inisial Y kalau enggak salah depannya,” ucapnya.

Ia juga menyebutkan bahwa KPK akan mengkonfirmasi kepada Y apakah orang tersebut benar-benar ikut dalam penerbangan jet pribadi tersebut.

Pahala belum bisa memberikan informasi lebih lanjut mengenai Y karena KPK masih perlu melakukan pendalaman lebih lanjut. Bahkan, belum diketahui apakah Y adalah warga negara Indonesia atau bukan.

Kaesang datang ke KPK dengan didampingi oleh Juru Bicara Francine Widjojo, Kuasa Hukum Nasrullah, dan Wakil Menteri ATR/BPN sekaligus Sekretaris Jenderal PSI, Raja Juli Antoni.

Kaesang, yang merupakan putra termuda dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), terlibat dalam kasus dugaan gratifikasi yang melibatkan penggunaan fasilitas jet pribadi. Informasi mengenai dugaan gratifikasi tersebut pertama kali muncul dari unggahan Erina di akun Instagram @erinagudono.

Erina membagikan foto perjalanan mereka ke AS dan gaya hidup mewah saat tiba di sana. Pesawat yang digunakan oleh Erina dan Kaesang diduga sebagai jet pribadi karena memiliki desain jendela yang berbeda dari pesawat pada umumnya.