RAKYAT.NEWS, MEDANPON XXI di Aceh-Sumatera Utara 2024 resmi ditutup pada Jumat malam, 20 September 2024. Acara penutupannya meriah di Stadion Utama Sport Center, Sumatera Utara.

Kontingen Sulsel dalam PON XXI Aceh-Sumut berhasil mencatat peningkatan yang signifikan. Ini terbukti dari jumlah medali yang diraih yang meningkat drastis dari PON XX Papua. Meskipun berada di peringkat ke-16.

Hingga acara penutupan, Provinsi Sulsel berhasil meraih 61 medali. Terdiri dari 10 emas, 20 perak, dan 31 perunggu. Pada PON XX Papua 2021, Sulsel berada di peringkat ke-11 dengan total 37 medali: 11 emas, 13 perak, dan 13 perunggu.

Secara keseluruhan, PON XXI menghasilkan peningkatan jumlah medali untuk Sulsel sebanyak 24 medali dari PON Papua sebelumnya. Namun, target emas berkurang satu medali, sementara perak naik tujuh medali, dan perunggu bertambah 18 medali.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Suherman, mengapresiasi upaya para atlet Sulsel. Menurutnya, kontingen dan atletnya telah memberikan yang terbaik.

“PON XXI telah resmi ditutup, dan kita harus puas di peringkat ke-16. Meski demikian, perolehan medali kita naik drastis, 61 medali. Terima kasih atas perjuangan seluruh atlet Sulsel di arena PON Aceh-Sumut,” ujar Suherman.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh, telah menjanjikan bonus dan beasiswa untuk para atlet yang sukses meraih medali dan berprestasi di PON XXI Aceh-Sumut.

Penutupan PON XXI Aceh-Sumut diselenggarakan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang mewakili Presiden Joko Widodo.

Hadir pula Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Wakapolri Komjen Pol Agus Adrianto, dan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman.

Selanjutnya, pesta olahraga terbesar di Indonesia akan digelar di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) empat tahun mendatang.