RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo serta Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan pesan kepada Ketua Federasi Futsal Indonesia (FFI) yang baru, Michael Sianipar, untuk bekerja keras.

Michael dipilih secara aklamasi sebagai ketua FFI untuk periode 2024-2028 di Menteng, Jakarta, Kamis (3/10/2024). Ia adalah satu-satunya calon dalam Kongres Luar Biasa FFI 2024.

Dito berharap, melalui penunjukan Michael Sianipar dalam Kongres Luar Biasa ini, prestasi futsal Indonesia dapat terus meningkat.

“Futsal yang saat ini sudah membanggakan. Saat ini peringkat futsal pria ada di nomor 28. Timnas futsal wanitanya peringkat 14. Targetnya sudah harus piala dunia,” kata Dito.

Meski begitu, Ia juga mengakui bahwa kinerja Timnas Futsal Indonesia di bawah kepemimpinan Hary Tanoesoedibjo telah baik, dan perlu terus ditingkatkan.

“Saya sangat berharap banyak dengan futsal. Bagaimana dari futsal ke depan ekosistem industrinya jalan dan pembinaannya juga nanti jalan,” lanjut Dito.

Ketua PSSI, Erick Thohir menyebutkan bahwa pihaknya sebagai induk organisasi FFI, juga ingin melihat futsal Indonesia meraih kesuksesan.

“Saya yakin tidak akan seperti ini kalau futsal itu tidak dibangun pak Hary. Yang saya ingin ajak bersama-sama, kita semua harus benar-benar memperbaiki strategi besar kita,” ujar Erick.

Erick juga menegaskan, bahwa prestasi yang telah dicapai sebelumnya diharapkan akan terus ditingkatkan oleh Michael.

“Punya mindset, implementasi yang sama. Saya sebagai ketua PSSI, saya akan support full. PSSI harus bisa terus menjadi satu kesatuan di seluruh sepak bola Indonesia,” tambah Erick.

Menurut Erick, kesuksesan futsal Indonesia saat ini juga berkat kerja keras Hary Tanoe. Oleh karena itu, Erick mengharapkan agar Michael dapat merancang strategi besar untuk FFI guna meraih kesuksesan yang lebih besar.

Peringkat Timnas Futsal Indonesia yang sudah mencapai 30 besar dunia diharapkan terus meningkat. Erick Thohir menekankan bahwa peningkatan ini harus dilakukan secara bersama-sama.

“Termasuk mendorong Futsal secara Tim Nasional bisa terus rankingnya baik di dunia. Bagaimana kita bisa memajukan olahraga kita bersama-sama antara stakeholder, asosiasi, dan pemerintah,” kata Erick