RAKYAT NEWS, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Sabtu (5/10/2024).

“Kepada segenap Prajurit dan keluarga besar Tentara Nasional Indonesia dimanapun berada dan bertugas, saya beserta keluarga besar Kemenko Polhukam mengucapkan Selamat Memperingati Hari Ulang Tahun ke 79 Tentara Nasional Indonesia,” ujar Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto.

Mantan Panglima TNI ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh anggota TNI yang selalu memberikan loyalitas dan kinerja terbaiknya untuk NKRI.

“Terima kasih atas dedikasi dan pengabdian seluruh anggota TNI. Teruslah mempedomani Sapta Marga untuk mewujudkan TNI prima, professional, responsive, integratif, modern, dan adaptif,” kata Menko Hadi.

Sementara itu, dalam amanatnya, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga besar TNI yang telah mendukung tugasnya sebagai Presiden selama 10 tahun.

“10 tahun pemimpin pemerintahan, saya merasakan betul peran dan kontribusi nyata dari TNI dalam menjaga kedaulatan negara, dalam menjaga persatuan dan stabilitas politik, serta membantu mengatasi berbagai tantangan dan krisis,” kata Presiden Jokowi.

Acara HUT TNI dimulai dengan penampilan drumband gabungan TNI dan pesawat Cessna TNI yang masing-masing membawa tulisan “TNI Prima Indonesia Maju” dan “HUT ke-79 TNI 2024”. Selain itu, ada juga defile pasukan sebanyak 1.059 alutsista yang terdiri dari tiga matra yaitu Angkatan Darat (AD), Angkata Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU).