RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Sekretaris Jenderal Gerindra, Ahmad Muzani, menyatakan bahwa PDIP akan mendapatkan jatah dalam kabinet jika mereka ikut bergabung dalam koalisi pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming yang terpilih untuk periode 2024-2029.

“Insyaallah ada,” kata Muzani, Rabu (9/10/2024), mengutip CNNIndonesia.com.

Meskipun begitu, Muzani belum mau memberikan informasi mengenai siapa saja dari PDIP yang akan masuk ke dalam kabinet maupun posisi kementeriannya. Muzani juga mengkonfirmasi bahwa Prabowo telah memanggil beberapa calon menteri.

“Orang dan nomenklatur sudah mulai disusun dan bahkan sudah mulai ada yang dipanggil. Tapi enggak termasuk gua ya,” katanya.

Muzani memperkirakan bahwa susunan kabinet akan diumumkan oleh Prabowo pada tanggal 21 Oktober setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada 20 Oktober 2024.

Selain para menteri dari PDIP, Muzani juga menyatakan bahwa beberapa menteri dari kabinet Presiden Jokowi sekarang juga akan dipertahankan, meskipun dia enggan untuk menyebutkan nama-namanya. Salah satunya adalah Pratikno yang saat ini menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara di pemerintahan Jokowi.

“Kan Pak Prabowo udah ngomong nama-nama yang, nama-nama dari kabinet Pak Jokowi yang bagus-bagus akan dipakai untuk membantu beliau. Jadi, ya nama yang dianggap bagus dan masih cukup fit dipakai,” katanya.