RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Pertandingan antara China melawan Timnas Indonesia bakal tersajid dalam laga keempat Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Qingdao, Selasa (15/10/2024) malam WIB.

Menurut laporan dari Sohu, Kiper China Wang Dalei dilaporkan mengalami tekanan psikologis setelah kebobolan sejumlah gol menjelang pertandingan melawan Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sebelum pertandingan tersebut, Wang Dalei yang merupakan andalan China di posisi kiper disebut sebagai pemain yang paling tertekan selama babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Wang Dalei dikatakan sebagai salah satu pemain yang paling tertekan. Pasalnya, gawang Dalei sudah kebobolan sebanyak 12 kali oleh lawan dalam tiga pertandingan terakhir.

Sejauh ini, kiper berusia 35 tahun itu telah kemasukan 7 gol oleh Jepang, 2 gol oleh Arab Saudi, dan 3 gol terakhir oleh Australia. Jumlah tersebut membuat China menjadi tim yang paling banyak kebobolan dengan total 12 gol dalam tiga pertandingan tersebut.

Tidak hanya tekanan di lapangan, namun tekanan juga datang dari luar lapangan. Saat tiba di Qingdao setelah tandang dari Australia, Dalei bahkan disambut dengan teriakan ‘7 Raja Bijaksana’ oleh suporter China.

Jika kondisi Wang Dalei tidak memungkinkan untuk bermain melawan Timnas Indonesia, pelatih Branko Ivankovic mungkin akan memainkan kiper cadangan Yan Junling.

Walaupun demikian, mantan pemain timnas China, Mao Jianqing, memberikan pembelaan kepada Wang Dalei. Menurut Jianqing, kebobolan 12 gol di gawang China bukan sepenuhnya kesalahan Dalei.

“Lebih dari 10 gol yang didapat bukan disebabkan oleh kegagalan penguasaan bola Wang Dalei, kesalahan atau bola yang terlewat,” kata Jianqing.

Jianqing mengatakan bahwa gol-gol yang masuk ke gawang China merupakan gol-gol kelas dunia, yang sulit untuk dicegah bahkan bagi kiper sekelas Manuel Neuer dan Gianluigi Buffon.